Posts filed under ‘Health’

Mengenal PCOS

Apa sih PCOS? Saat didiagnosa PCOS langsung buru-buru tanya Mbah Google. PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome) adalah kondisi adanya kista berisi cairan dalam jumlah banyak di indung telur, sehingga bila di-USG ovarium akan tampak seperti buah delima yang dibelah dua. Kista ini muncul karena adanya gangguan hormon di tubuh kita sehingga telur yang harusnya dilepas tiap bulan gagal dilepaskan (gagal ovulasi). PCOS disebabkan karena tubuh kelebihan hormon androgen. Jika ditelusuri lebih lanjut, hormon androgen ini diproduksi berlebih karena insulin yang diproduksi berlebihan. Oleh karena itu, penderita PCOS harus berhati-hati terhadap makanan yang indeks glikemiknya tinggi, misal gula, tepung, kue, coklat, dll.

PCOS sendiri sebenarnya tidak berbahaya. Tapi akan menjadi masalah jika kita ingin mempunyai anak karena tidak ada telur yang dilepaskan oleh ovarium. Penderita PCOS biasanya haidnya tidak teratur, berat badan susah turun, rambut selain kepala lebat ( yang di kepala sendiri malah rontok T-T ), wajah berjerawat. Haid yang tidak teratur menyebabkan sulit memprediksi kapan ovulasi, seringkali karena gagal ovulasi tidak ada telur yang dilepaskan untuk dibuahi.

Untuk memiliki anak, penderita PCOS memerlukan terapi hormon untuk memicu terjadinya ovulasi. Terakhir saya mengunjungi Dr. Budi Santoso, SPOG di RS Eka Hospital BSD. Diberi resep Inlacin dan Cyclo-Progynova. Inlacin sendiri adalah obat herbal untuk mengurangi resistensi insulin, salah satu bahannya ekstrak kayu manis. Cyclo-Progynova sendiri adalah obat terapi hormon untuk mengatur ulang siklus haid dan memicu terlepasnya telur. Mohon doanya ya semoga ikhtiar kali ini berhasil. Aamiin 馃檪

July 3, 2014 at 8:49 am 2 comments

Rumus Ukur Tinggi dan Berat Badan Anak

Udah lama brosur Vidoran* ini nangkring di meja kantor. Niatnya mo dimasukin ke blog. Penting banget buat ibu-ibu yang pengen memonitor tumbuh kembang anaknya. Penting juga buat temen-temen yang ikutan psikotes pas nyari kerja 馃檪 Pengalaman beberapa kali dapet pertanyaan begini, tinggi badan rata-rata anak usia 10 tahun adalah….

Nah, pengen tahu jawabannya. Check this out!! Jadi ntar ga bingung lagi ngejawabnya.

  • Formula yang dipakai untuk menentukan panjang anak dari umur 3 tahun ialah:
  • Panjang badan, umur:

聽聽聽聽聽聽聽聽聽聽聽 聽 聽 聽 聽 * 1 tahun = 1,5 x panjang lahir

聽聽聽聽聽聽聽聽聽 聽 聽 聽 聽 聽 * 4 tahun = 2 x panjang lahir

聽聽聽聽聽聽聽聽聽聽聽聽聽聽聽聽聽聽聽 * 6 tahun = 1,5 x panjang umur 1 tahun

  • Lingkaran kepala bayi baru lahir di Indonesia 33 cm (di negara maju 35 cm). Pada umur 10 tahun menjadi 53 cm. Ukuran lingkar kepala penting diketahui yakni untuk mengetahui perubahan pertumbuhan otak anak.
  • Selama masa prasekolah, berat badan naik setiap tahun rata-rata 1.5-2 kg
  • Formula yang digunakan untuk menentukan berat badan anak ialah:

聽聽聽聽聽聽聽聽聽聽聽 聽 聽 聽 聽聽 Berat badan = 8 + 2n kg

聽聽聽聽聽聽聽聽聽聽聽 聽 聽 聽 聽聽 (n = jumlah umur dalam tahun)

  • Berat badan, umur:

聽聽聽聽聽聽聽聽聽聽聽聽聽聽聽聽聽聽聽聽 * 1 tahun = 3 x berat badan lahir

聽聽聽聽聽聽聽聽聽聽聽 聽 聽 聽 聽聽 * 2,5 tahun = 4 x berat badan lahir

聽聽聽聽聽聽聽聽聽聽 聽 聽 聽 聽 聽 * 6 tahun = 2 x berat badan umur 1 tahun

Jadi…. tinggi anak umur 10 tahun adalah…

Panjang badan = (80 + 5n) cm = (80 + (5 x10)) cm = (80 + 50) cm = 130 cm

Monggo yang mo psikotes, dihapalkan barangkali perlu, he3x 馃檪

*) Vidoran ini multivitamin untuk anak-anak. Inget banget waktu kecil sering dikasi ma Ibu. Rasa jeruk seingetku 馃檪

October 11, 2011 at 3:28 am 3 comments

Irritable Bowel Syndrome (IBS)

Gejala:
– Diare
– Perut kembung, terutama di pagi hari sehabis bangun tidur
– Perut melilit dan nyeri di ulu hati, biasanya malam hari.

Beberapa gejala di atas adalah gejala IBS. Berdasarkan katanya:
* Irritable: Sensitif
* Bowel: Usus besar
* Syndrome: Sindrom
IBS disebabkan oleh usus yang sensitif. Saya mengalaminya 1 bulan yang lalu. Awalnya saya anggap diare/maag biasa. Namun sampai dua minggu, gejala-gejala di atas tak kunjung berakhir. Akhirnya saya memutuskan ke dokter ahli pencernaan (Gastroenterologi). Saat itu saya diberi tiga macam obat, salah satunya suplemen enzim. Kata dokter gejala di atas disebabkan ketidakmampuan sistem pencernaan saya yang tidak mampu mengolah makanan yang masuk. Suplemen enzim akan membantu meringankan kerja pencernaan katanya. Dua obat lainnya saya kurang paham gunanya. Selama mengkonsumsi obat dari dokter, gejala semakin berkurang dan membaik.
Setelah merasa badan sehat dan tentunya makan pun enak, saya jalan-jalan bersama teman kos. Hari itu saya kalap, makan tidak pada jamnya dan porsinya super. Sebagai gambaran:
– 07.00: Bubur ayam telur rebus
– 08.30: Serabi, Gorengan
– 12.00: Donat Mangga dan Coklat
– 15.00: Pancake w/ Strawberry Ice Cream
– 16.00: Semangkuk besar Lomie dan Juz Jeruk Jumbo ala Kantin Mambo

Wew, banyak bukan…padahal saya baru sembuh dari sakit perut yang tak biasa. Keesokan harinya, saya kembali mengalami diare. Kali ini lebih parah. Sebelumnya saya hanya diare biasa saja tanpa nyeri perut. Kali ini tiap malam menjelang, saya mengalami nyeri hebat di perut sampai hanya bisa berbaring di tempat tidur sambil menahan sakit dan akhirnya tertidur. Anehnya keesokan harinya saat bangun tidur, nyeri tersebut hilang. Namun, menjelang malam, nyeri perut kembali muncul.

Setelah mencoba bertahan selama tiga hari, saya pun menyerah. Kali ini saya ke dokter ahli penyakit dalam (Internist). Setelah diperiksa, saya pun diberi surat pengantar untuk melakukan tes feses rutin di lab. Alhamdulillah, hasilnya negatif, tidak ditemukan adanya eritrosit, leukosit, atau E.Coli yang berlebiha. Saya kemudian kembali ke dokter memperlihatkan hasil lab. Kata pak dokter, hasilnya bagus. Gejala yang saya alami disebabkan usus yang sensitif. Saya juga tidak disarankan memakan makanan pemicu sakit perut muncul, misalnya susu, makanan berminyak/berlemak, makanan asam/pedas. Saya juga tidak boleh stres dan harus makan teratur. Obat yang diberi waktu itu adalah Rillus dan Buscopan.

Karena penasaran dengan penyakit saya yang aneh bin ajaib. Saya pun mencari katalog kedua obat tersebut di internet.
* Buscopan: untuk mengatasi

  • Nyeri/ketidaknyamanan/kram perut yang disebabkan oleh perut yang sensitif terhadap makanan tertentu (berlemak, pedas, asam, alkohol, kafein) (Sumber:

http://www.buscopan.com/com/en-next/main/Help_and_more/FAQ/Abdominal_pain_cramps_and_discomfort.jsp )

  • Makan yang tidak teratur, stres yang berlebihan, makan yang terburu-buru sehingga perut kaget
  • Perubahan kebiasaan rutin harian, misalnya saat sedang dalam perjalanan (travelling)
  • IBS (Irritable Bowel Syndrome).聽Menurut survey, sekitar 20% populasi dewasa menderita keram & nyeri perut, seringkali disertai dengan kembung, diare/sembelit, tanpa penyebab yang jelas. Gejala-gejala tersebut diberi nama Irritable Bowel Syndrome (IBS). Walaupun penelitian medis masih belum yakin penyebab pastinya, gejala-gejala tersebut dapat menyebabkan pengaruh negatif pada kualitas hidup penderitanya. Rasa nyeri yang tak bisa diprediksi, diare, dan gejala lainnya dapat mengganggu kehidupan pribadi dan profesional penderita. => Badan lemes, kerja tidak maksimal… ( Sumber:

http://www.buscopan.com/com/en-next/main/where_does_it_hurt/ibs/index.jsp )

  • Nyeri haid

* Rillus:聽mengandung Lactobacillus reuteri (108 CFU) untuk mengatasi keluhan penyakit perut, seperti diare, kembung/kentut-kentut, sembelit. 聽Sumber:

http://www.daftar-obat.com/index.php?page=shop.product_details&flypage=flypage.tpl&product_id=197&category_id=47&option=com_virtuemart&Itemid=64

Kesimpulannya untuk menghindari IBS, kita harus makan teratur, hindari makanan pemicu (asam/pedas/berlemak/alkohol/kafein/susu), jangan makan berlebihan, dan hindari stres.

December 4, 2009 at 9:22 am 3 comments

Paranoia

Masa-masa TA 2 ini kadang bikin aq ngerasa tertekan banget, trus akhirnya males ktemu orang. Misalnya Sabtu kemaren tgl 12 April 2008, seharian cuma聽mengunci diri聽di kamar, takut ktemu orang. Keluar cuma kLo mau ke kamar mandi aja, itu pun liat-liat dulu ada orang atau gak. Hari itu aq beranggapan kLo semua orang cuma bikin aq tambah stress, and cuma bikin aq tambah tertekan. Selama mengunci diri di kamar, iseng-iseng buk google, dapet deh artikel ini. Kayanya yang aq alamin adalah simple paranoia yang hampir setiap orang pernah mengalaminya. Sebabnya juga bisa macem-macem. Jadi, baca aja terjemahanq ini :聽 ( sumber : http://members.aol.com/elrophe/paranoia.html )

PARANOIA

Oleh Dr. Sidney Langston

-Terjemahan Bebas : Lia-

Hampir setiap orang pernah mengalami paranoia pada suatu waktu dalam hidupnya. Paranoia adalah suatu persepsi bahwa orang lain membicarakan tentang dirimu dan memata-matai dirimu, bahwa orang lain tidak dapat dipercaya. Orang yang mengalami paranoia merasa tidak memiliki penolong dan merasa terjebak. Mereka cenderung sensitive, sukar memaafkan, dan mudah tersinggung. Mereka merasa menjadi korban dari perlakuan kritis dan kemarahan orang lain. Pada waktu yang sama, mereka sangat sadar diri dan kritis terhadap dirinya. Dalam usaha melawan ketakutannya, mereka memusuhi dan kasar terhadap orang tertentu.

Paranoia dipercaya disebabkan oleh kegagalan pemakaian kapasitas manusia untuk menentukan makna, mencari hubungan dan member tujuan pada perilaku orang lain. Hal ini merupakan ketidakwajaran akan kebutuhan untuk menghakimi orang lain dan kejadian yang terjadi pada keinginan dan perhatian yang besar. Berdasarkan salah satu teori, paranoia dapat berasal dari kekecewaan yang kuat pada orang tua semasa kecil atau dari orang tua yang secara ekstrim keras dan menghakimi.

Simple paranoia dapat menyebabkan penderitaan emosi yang ekstrim, hal ini biasanya tidak menyebabkan gangguan mental jangka panjang yang membutuhkan terapi psikologi.Pada simple paranoia, halusinasi, khayalan, dan perubahan kepribadian drastic tidak terjadi. Kecerdasan tetap utuh dan performansi kerja cukup. Dugaan dan ketidak percayaan biasanya terbatas pada area tertentu sehingga tidak berpengaruh serius pada kehidupan sehari-hari. Misalnya, seseorang yang ketakutan dirinya akan diracuni orang lain, selalu ingin menyiapkan makanannya sendiri, tetapi fungsi kerja lainnya tetap normal.

Paranoaia memiliki berbagai macam bentuk. Paranoia sering melibatkan perasaan tersiksa dan kepentingan diri yang berlebihan. Conjugal paranoia adalah kecemburuan terhadap suami/istri yang mengakibatkan sifat possesif dan keyakinan bahwa pasangannya memiliki WIL/PIL. Kepercayaan bahwa dirinya memiliki penyakit serius sedangkan menurut dokter tidak dikenal sebagai hypochondriacal paranoia.

Tipe lain dari paranoia terjadi pada orang yang lebih tua yang hidup sendiri dimana pendengaran dan penglihatannya sudah tidak bekerja baik. Hilangnya kemampuan indra tersebut mengakibatkan timbulnya rasa curiga berlebihan, pencurian, dan lain sebagainya yang mengusik mereka, walaupun kenyataannya hal itu tidak terjadi.

Culture shock merupakan salah satu bentuk paranoia yang terjadi karena perubahan lingkungan mendadak seperti meninggalkan rumah keluarga atau mengikuti kewajiban militer. Pada situasi baru dan aneh, orang yang mudah diserang menjadi curiga terhadap perbedaan gaya hidup, kebudayaan, sikap dan perilaku. Pada intinya, orang tersebut mengalami kehilangan tempat bergantung dan identifikasi karena shock.

Walaupun seseorang yang menderita paranoia mempu memecahkan ketakutannya, mereka akan merasa kesepian, kalah, dan ditolak. Terapi dapat sangat bermanfaat pada proses penyembuhan,walaupun perasaan paranoia tersebut menimbulkan rasa enggan mengikuti terapi dan mengakhiri proses terapi.

Tujuan utama dari terapi untuk individu yang mengalami paranoia adalah membantu mereka untuk mengambil tanggung jawab atas perilaku mereka. Hal ini penting karena mereka menjadi sadar akan kesalahan, perasaan malu, agresif, dan perilaku curiga terhadap orang lain. Mereka perlu mengubah mekanisme pertahanan terhadap perkiraan mereka menjadi mekanisme mengatasi yang akan membiarkan diri mereka bertindak tanpa merasa dihakimi. Selama proses penyembuhan, mereka mungkin mengalami depresi sebagai penolakan mekanisme pertahanan merekan dan menyadari bahwa mereka telah menyakiti dirinya dan orang lain.

Untuk memulihkan diri, mereka perlu :

聽聽聽聽聽聽聽聽 Mengurangi sensitivitas terhadap kritik

聽聽聽聽聽聽聽聽 Meningkatkan kemampuan social dan tidak melakukan sesuatu yang menyebabkan orang lain mengkritik dan menghindari mereka

聽聽聽聽聽聽聽聽 Belajar untuk rileks

聽聽聽聽聽聽聽聽 Belajar untuk mengatasi situasi sulit yang menimbulkan kegelisahan daripada menghindarinya

聽聽聽聽聽聽聽聽 Belajar untuk mempercayai diri sendiri dan orang lain

聽聽聽聽聽聽聽聽 Belajar memberikan respon yang sesuai terhadap dirinya dan orang lain. Menjadi santun dan jujur

聽聽聽聽聽聽聽聽 Belajar memaafkan dan menerima diri mereka

Orang tertentu dapat menolong mereka dengan memberikan dukungan emosional yang hangat. Individu yang paranoia membutuhkan orang yang dapat mereka cintai dan mereka percayai. Atmosfer ini akan membimbing mereka menuju kesembuhan.

Analisis :

Kalo yang q alamin, mungkin disebabkan oleh kepribadianq yang melankolis pleghmatis. Akibatnya, q terlalu sensitif sama tindakan orang lain. Selain itu mungkin juga disebabkan karena perubahan lingkungan, jauh dari orang tua dan keluarga karena harus kos di Bandung, ternyata sedikit berpengaruh pada diriku. Kadang-kadang ngerasa kesepian, palagi kLo lagi banyak tugas, TA yang no progress, dan kerasa lagi butuh dukungan, bawaannya pengen nangis aja. Trus kebayang deh, coba kLo di Semarang aja, lebih enak, dapet perhatian dari keluarga, disemangatin. Cuma biasanya kejadian ini cuma terjadi beberapa kali dalam sebulan, terutama kLo lagi mau dapet M, mgkn karena hormon jadi super duper sensitif, semua kelihatan ribet dan gak tampak titik terang. Besoknya biasanya udah normal lagi.

Moga2 artikelnya bermanfaat 馃檪

April 13, 2008 at 5:37 am 5 comments


My Calendar

July 2017
M T W T F S S
« Aug    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

My Tweet