Siap-siap Jadi Ibu

Setelah ikhtiar lagi 6 bulan terapi hormon ke dokter kandungan, alhamdulillah Desember 2014 test pack positif 2 garis :)

IMG-20150502-WA0000

Masih belum percaya juga… soalnya penderita PCOS rawan dengan blighted ovum (hamil palsu yang janinnya tidak berkembang). Untuk memastikan kami kontrol ke dokter Wiryawan Permadi di RS Limijati. Cuma belum terlihat, diminta kontrol 2 minggu lagi. Alhamdulillah saat di-USG sudah kelihatan dan denyut jantung bayi sudah terdengar (berarti hamil beneran :)

IMG-20150111-WA0007

Foto di atas saat usia kehamilan 8 minggu saat mulai mual-mual & nggak enak makan. Ditambah lagi harus minum Metformin untuk mengontrol gula darah sampai usia kehamilan 16 minggu. Mual-mual ini berlangsung sampai usia kehamilan 18 minggu. Saat itu yang bisa masuk bubur ayam polos & telur rebus, buah-buahan, nasi Padang, dan sate Padang. Alhamdulillah setelahnya lancar jaya.

Nggak terasa sudah waktunya cuti melahirkan. Cuti melahirkan aku ambil setelah cuti bersama lebaran habis, per 22 Juli 2015-21 Oktober 2015. HPL sendiri tanggal 16 Agustus 2015 (40 minggu) dihitung berdasarkan HPHT 9 November 2014.

Tanggal 26 Juli 2015 berangkat ke Semarang supaya melahirkan dekat dengan orang tua. Secara sejak tahun 2004 nggak pernah di Semarang lebih dari 1 bulan… kesempatan cuti melahirkan bisa lama-lama di sini. Sebelumnya 25 Juli kontrol terakhir ke dokter Anna Fachruriyah di RS Hermina Pasteur, alhamdulillah semua normal, posisi janin juga udah oke.

Sampai di Semarang, 28 Juli 2015 kontrol ke dokter P.N.Khrisna di RS St. Elisabeth Semarang karena rencana lahiran di sini. Hasil USG dan posisi janin oke, yang masalah kemudian saat dokter menanyakan minus kacamata. Hmm… terakhir -4.5 dan udah lama nggak kontrol. Akhirnya diberi rujukan ke dokter mata Agustin untuk cek kondisi retina. Penderita mata minus rawan terjadi penipisan retina. Dan kalau ada penipisan retina dikhawatirkan retina sobek saat mengejan di persalinan normal yang bisa berakibat kebutaan.

Harap-harap cemas dengan hasilnya… hasil pemeriksaan dokter Agustin menunjukkan sudah ada penipisan di mid-perifer sehingga tidak dianjurkan persalinan normal. Hiks… sedih… Setelah kontrol lagi ke dokter Khrisna dijadwalkan untuk operasi caesar selambatnya 7 Agustus 2015 (hari ini, 38 minggu 5 hari) dengan pertimbangan saat kontrol 4 Agustus 2015 terlihat sudah ada pengapuran plasenta dan ketuban mulai keruh.

Mohon doanya ya supaya persalinanku lancar, sehat dan normal bayi dan ibunya (tak kurang suatu apapun), cepat pulih luka operasinya (takut banget ini)… , kelak bayinya menjadi anak sholeh, sehat & cerdas, bermanfaat bagi umat, menjadi penyejuk hati orang tuanya. Aamiin YRA.

bumpie_week_37_flag

20150806_213443

August 7, 2015 at 1:12 am Leave a comment

Mengenal PCOS

Apa sih PCOS? Saat didiagnosa PCOS langsung buru-buru tanya Mbah Google. PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome) adalah kondisi adanya kista berisi cairan dalam jumlah banyak di indung telur, sehingga bila di-USG ovarium akan tampak seperti buah delima yang dibelah dua. Kista ini muncul karena adanya gangguan hormon di tubuh kita sehingga telur yang harusnya dilepas tiap bulan gagal dilepaskan (gagal ovulasi). PCOS disebabkan karena tubuh kelebihan hormon androgen. Jika ditelusuri lebih lanjut, hormon androgen ini diproduksi berlebih karena insulin yang diproduksi berlebihan. Oleh karena itu, penderita PCOS harus berhati-hati terhadap makanan yang indeks glikemiknya tinggi, misal gula, tepung, kue, coklat, dll.

PCOS sendiri sebenarnya tidak berbahaya. Tapi akan menjadi masalah jika kita ingin mempunyai anak karena tidak ada telur yang dilepaskan oleh ovarium. Penderita PCOS biasanya haidnya tidak teratur, berat badan susah turun, rambut selain kepala lebat ( yang di kepala sendiri malah rontok T-T ), wajah berjerawat. Haid yang tidak teratur menyebabkan sulit memprediksi kapan ovulasi, seringkali karena gagal ovulasi tidak ada telur yang dilepaskan untuk dibuahi.

Untuk memiliki anak, penderita PCOS memerlukan terapi hormon untuk memicu terjadinya ovulasi. Terakhir saya mengunjungi Dr. Budi Santoso, SPOG di RS Eka Hospital BSD. Diberi resep Inlacin dan Cyclo-Progynova. Inlacin sendiri adalah obat herbal untuk mengurangi resistensi insulin, salah satu bahannya ekstrak kayu manis. Cyclo-Progynova sendiri adalah obat terapi hormon untuk mengatur ulang siklus haid dan memicu terlepasnya telur. Mohon doanya ya semoga ikhtiar kali ini berhasil. Aamiin :)

July 3, 2014 at 8:49 am 2 comments

Persiapan Nikah Sudah Sampai Mana?

Paling bingung kalo ditanyain kaya gini. Alhamdulillah yang ngurus kebanyakan ibu dan adek (thanks to my mom & my sister). Kalau aku sendiri yang sehari-harinya kerja baru sempet nyiap-nyiapin pas weekend aja. Koordinasi dengan ortu & adek di Semarang semuanya via telepon & internet. Karena awal tahun ini lagi sibuk-sibuknya proyek, jadi cuma sempet pulang sekali buat fitting kebaya aja dua bulan lalu.

Aku kebagian tugas mencari souvenir dan kerudung untuk dibagikan saat pengajian. Menurut ibu lebih murah dan lebih banyak pilihan kalo di Bandung.  Berikut tempat-tempat yang dikunjungi:

1. Souvenir Tas Lipat Strawberry

Sejak puasa kemarin udah ngiler banget lihat tas lipat stroberinya Manda yang dipake buat bawa mukena pas taraweh. Manda ini anak uGreen ITB (organisasi pecinta lingkungan). Dari dia dapat nomor kontak tempat mesen tas lipatnya. Dari sana kepikiran nanti klo nikah pengen ngasi souvenir ini krn bentuknya ringkas & lucu, mudah dibawa-bawa. Harapannya nanti dengan ini tas stroberinya bisa dibawa trus ma orang-orang, bisa kepake, apalagi klo dijadiin pengganti kantong kresek ( => semangat Go Green, oye!! ).

Pesen souvenirnya di Van’s Gallery Souvenir, Pasar Baru Bandung, Lt. B2 No. 97, Telp. (022) 73988834, HP 08158036226. Pas dateng ke sana langsung terpikat, souvenirnya lucu-lucu banget & rapih gitu. Rencananya Juli ini mo buka juga di Pusat Belanja Balubur (BALTOS, persis di depan Annex ITB) lt. D2 H11 dan H09. Oia, sekarang contoh souvenirnya bisa dilihat dan dipesan online juga di http://vansgallerysouvenir.com/

Ini souvenir hasil pesananku:

Tas Lipat Nanas dari Dekat

Tas Lipat Nanas dari Dekat

Tas Lipat Strawberry, Anggur, dan Nanas

Tas Lipat Strawberry, Anggur, dan Nanas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Souvenir Wadah Sarung HP
Selain tas lipat Strawberry ini, ibu juga minta dipesenin souvenir cadangan. Untuk souvenir cadangan ini, aq pesen wadah HP. Pesennya sama di Pasar Baru Bandung juga, tepatnya di Idola Awan Accesories, Lt. Basement 1 Blok B No. 60, dengan Teh Hanny, HP 08997077994. Ini penampakan wadah HP’nya.

Wadah HP Batik

Wadah HP Batik

Wadah HP Batik dalam Kemasan

Wadah HP Batik dalam Kemasan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.  Cincin Nikah

Kalo cincin nikah ini belinya di Toko Mas Italy  (rekomendasi Mas Deni, temen kantor). Letaknya di Jl. Otto Iskandardinata alias Otista. Letaknya di kiri jalan setelah Pasar Baru. Di sana bisa pesen cincin perak untuk pengantin pria (emas kan ga boleeeh…), sementara untuk aku emas putih, jadi tetep bisa kembaran warnanya. Ini cincinnya. Oia, toko ini cuma buka Senin-Sabtu, sampai jam 6 sore saja.

Cincin Nikah
Cincin Nikah

February 28, 2012 at 9:50 am 3 comments

Rumah Kontrakan Bandung

Menjelang pernikahan, calon pasangan muda (termasuk saya :P) mulai sibuk mencari rumah kontrakan. Berikut beberapa rumah kontrakan yang sempat disurvei:

1. Rumah : Jl. Rereng Adumanis No. 27, Bandung (HP: 08122439334) – SUDAH DISEWA

Lokasinya enak, deket banget dari kantor aku. Belum lihat dalemnya, abis mahal T-T Dilewatin angkot Caringin-Dago, harga yang ditawarkan Rp 30 jt/tahun untuk rumah tinggal. Sempat SMS’an sama yang punya, kayanya kalo peruntukannya untuk kantor beda lagi harganya. Ada garasinya muat 1 mobil kalo dilihat dari luar.

2. Rumah : Perum Sadang Serang (Belakang Pos Giro)
Belum sempat dicek rumahnya. Di iklannya tertulis “Dijual/Dikontrakkan min. 2 th beserta isinya” Buat yang berminat silakan dihubungi 085793247468 atau 02291571022.

3. Rumah : Jl. Gambir Saketi 19
Belum sempat dicek rumahnya. Katanya 1 rumah dengan 4 kamar. Teleponnya 085232192765.

4. Paviliun : Jl. Batik Pekalongan
Paviliun dengan 1 kamar. Ruang tamunya luas. Ada pintu terhubung ke rumah pemiliknya dari ruang tamu ini untuk akses ke kamar mandi dan dapur paviliun. Hubungi 0222512596 atau 085722383551. Udah nanya, disewakannya Rp 8 juta/tahun, iuran listrik sekitar Rp 60000/bulan.

5. Rumah : Perum Sadang serang Belakang Pos Giro Beserta Isinya (min. 2 tahun), Sadangserang.

Belum dilihat langsung. Hubungi 085793247468 atau 02291571022

6. Rumah : Jl.  Batik Jogja No. 36, Sukaluyu. (SUDAH DISEWA)
Belum lihat dalemnya. Katanya ada 4 kamar,  ditawarin Rp 17 juta per tahun.  Hubungi 081220220488.

7.   Rumah : Jl. Batik Jogja No. 49, Sukaluyu. (SUDAH DISEWA)
Belum lihat dalemnya. Katanya ada 7 kamar,  ditawarin Rp 22 juta per tahun.  Hubungi 02276953234 atau 081321535980.

(to be continued… masih survei lagi :) )

Buat yang berminat, silakan dihubungi langsung. Moga bermanfaat ya ^^

February 28, 2012 at 8:04 am 18 comments

Hotel-hotel Dekat Sabuga

Barusan diminta cari hotel buat tamu kantor yang akan tiba besok. Budgetnya nggak yang mahal-mahal, tapi tetep oke. Ada 4 hotel yang aku telepon tadi.

1. Hotel Wisma Dago ( Telp. 022-2501356 )

Hotelnya deket banget niy ma ITB, masjid Salman, Gelapnyawang. Pernah nginep di sini juga. Bersih, pelayanannya juga bagus. Paling sarapannya jangan telat, keburu kehabisan soalnya :P Atau mendingan sarapan di Kantin Salman/Gelapnyawang sekalian, lebih banyak pilihan.

Sayangnya hotel ini full book. Secara Wisuda ITB tanggal 29 Nov, otomatis buat tanggal 27-28 penuh.

2. Hotel Royal Dago (Telp. 022-2502200)

Hotelnya deket banget ma Amanda Brownies Kukus. Dulu pas nginep sana sebelahnya masih resto Wong Solo, udah lama banget ya berarti. Nggak inget sarapan apa waktu itu…
Sayangnya hotel ini full book juga karena dia lumayan deket dengan Sabuga ITB, tempat wisuda.

3. Hotel Wisma Tubagus (Telp. 022-2535850)

Hotelnya deket Simpang Dago. Kata temen siy dalemnya bagus & bersih. Termasuk hotel baru niy. Kalo mo ke Sabuga ITB cukup sekali angkot Caringin-Sadangserang. Deket lah itungannya, otomatis full book juga :(

4. Hotel Pratidina (Telp. 022-2516711)

Hotelnya seberang Borma Cikutra. Dari luar bagus, termasuk hotel baru juga. Sering lewat, tapi ga pernah merhatiin namanya. Ada 2 kelas yang ditawarkan. Kelas Standar (285rb-300rb) dan kelas Suite (400-425rb). Lupa nanya bedanya apa. Yang penting deket kantor. Akhirnya booking yang ini deh. Oia, klo mo ke Sabuga dari sini, lumayan mudah. Naik St.Hall-Sadangserang turun di Sadangserang, lanjut naik Caringin-Sadangserang ke Sabuga.

 

October 26, 2011 at 9:20 am 4 comments

Cara Mengetahui Nomor HP Sendiri

Berikut cara mengetahui nomor HP sendiri. Seringkali bagi yang sering ganti-ganti nomer HP, lupa akan nomer HP’nya sendiri. Atau pulsa nomor HP sudah habis, tapi belom sempet dicatet nomernya. Berikut yang sudah dicoba. Info lainnya bisa lihat di sini atau di sini.

1. Telkomsel

  • Cari No HP Sendiri :  *808#
  • Daftar Paket Internet : *363#
  • Cek Pulsa : *888#

2. Axis

  • Cari No HP Sendiri : *#2#
  • Daftar Paket Internet : *123#
  • Cek Pulsa : *888#

3. Three

  • Cari No HP Sendiri : *123*8#
  • Daftar Paket Internet : *123#
  • Cek Pulsa : *123*8#

Semoga bermanfaat :)

October 26, 2011 at 9:00 am 3 comments

Bonbin 5ers

Akhirnya terealisasi juga. Setelah sekian lama menjadi wacana, kami semua terkumpul di studio foto Jonas. Ngapain di sana? Tentu saja ‘poti2x’ (meminjam istilah adikku Ika), alias ‘foto2’. Cantik-cantik smua kan :P

Bonbin 5'ers

Bonbin 5'ers

October 17, 2011 at 6:58 am Leave a comment

Older Posts


My Calendar

September 2015
M T W T F S S
« Aug    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

My Tweet


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.